9 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Perlu Diperhatikan Orangtua

9 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Perlu Diperhatikan Orangtua

Mendidik Anak Perempuan – Ayah dan Bunda. Anak perempuan secara hakikat dan tabiatnya berbeda dengan anak laki-laki. Anak perempuan ini unik. Keunikan itu yang membuat kita perlu perhatian khusus dalam cara mendidik anak perempuan itu. Sebab, sejatinya perempuan adalah tumpuan peradaban. Dari rahim perempuanlah lahir generasi-generasi harapan. Jika perempuan suatu negara baik, maka baiklah negara itu. Nah, agar anak perempuan anda menjadi seorang perempuan yang baik, hal-hal di bawah ini patut untuk diperhatikan dalam rangka mendidik anak anda.
mendidik anak perempuan
Mendidik dengan Cinta (parentinganak.com)

Cara Mendidik Anak Perempuan


Berikanlah pemahaman pada anak perempuan anda, bahwa perempuan itu istimewa

Memiliki anak perempuan adalah amanah yang berat. Pasalnya, mendidiknya dinilai lebih sulit dan lebih banyak pantangannya dibanding mendidik anak laki-laki. Oleh karena itu, sebelum beranjak kepada cara lainnya maka hal pertama yang perlu ayah dan bunda adalah memberi pemahaman kepada anak perempuan anda bahwa perempuan itu terlahir istimewa. Perempuan adalah induk peradaban. Karena perempuan itu istimewa maka wajar jika banyak aturannya.

Kenalkan anak perempuan anda dengan auratnya dan cara menjaganya

Cara selanjutnya adalah dengan mengenalkan auratnya sejak dini. Hal ini dilakukan agar muncul kesadaran pada diri anak untuk menjaga apa yang perlu ditutupinya semenjak ia kecil. Di samping itu ajarkan pula bagaimana cara menurut aurat. Bagi yang beragama Islam adalah dengan mengenakan hijab dan sebagainya.

Ajarkan aturan agama dan norma yang berlaku terkait perempuan

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan adalah mengajarkan ajaran agama dan norma yang berlaku terkait perempuan itu. Pelajaran mengenai agama adalah prioritas utama, pelajaran mengenai norma yang berlaku seperti norma adat itu juga perlu. Hal ini agar anak ayah dan bunda nanti tumbuh sebagai anak perempuan yang taat beragama dan paham dengan adat istiadat.

Ajarkan tentang etika pergaulan yang baik

Dalam kehidupan sosialnya, anak anda pasti akan bergaul dengan orang lain. Sebelum ia terjun dalam pergaulan sosial ini, ajarkanlah pada anak perempuan anda mengenai etika pergaulan yang baik. Bagaimana ia harus membawakan diri. Bagaimana ia harus memberi batasan pada dirinya dan pada orang-orang dalam pergaulannya. Dengan mengajarkan etika pergaulan yang baik anak-anak anda akan terhindar dari pergaulan yang buruk.

Mengajarkan sopan santun dan akhlak mulia

Seorang manusia dapat dinilai dari akhlaknya. Dalam pendidikan anak perempuan, pengajaran mengenai akhlak ini wajib untuk anda berikan. Ajarlah anak perempuan anda untuk berperilaku sopan, bertutur kata lembut dan berakhlak mulia. Agar kelak ia dapat tumbuh menjadi anak yang dapat anda banggakan.

Kenalkan pada dasar-dasar keterampilan untuk perempuan

mendidik anak perempuan memasak
Ajarkan Anak Perempuan Memasak (laksani.com)
Sebagai perempuan, harus ada keterampilan-leterampilan khusus yang dikuasai. Bunda bisa mengajarkan pada anaknya dasar-dasar keterampilan ini. Misalnya dalam memasak. Ajak anak anda untuk ikut membantu ketika anda memasak, begitu pula dengan keterampilan lainnya.

Jangan perlakukan anak perempuan anda seperti anak laki-laki

Hal yang amat sangat dilarang adalah memperlakukan anak perempuan seperti anak lelaki. Perlakuannya dalam pendidikannya mesti berbeda. Caranya juga berbeda. Karena tanggung jawabnya juga berbeda. Tempatkanlah sesuatu sebagaimana mestinya.

Ketika anak anda mulai dewasa, ajarkan tentang reproduksi

Seiring waktu berjalan anak anda tumbuh semakin dewasa dan sampai pada masa pubertasnya. Sebelum itu anda perlu untuk mengajarkan anak anda tentang reproduksi. Tentang haid atau menstruasi, nifas, kehamilan dan kesehatan reproduksi. Pastikan anda memberikan pemahaman dengan benar mengenai hal ini karena saat anak anda mulai dewasa anda tidak bisa mengontrolnya dengan penuh seperti saat ia kecil lagi.

Biasakan anak anda dengan nilai-nilai kebaikan lainnya

Rasanya tiadalah orang tua yang ingin anaknya tumbuh tidak baik. Bahkan, sejelek-jeleknya orang tua, ia selalu ingin anaknya tumbuh lebih baik dari dirinya. Oleh karena itulah anda perlu membiasakan anak anda dengan nilai-nilai kebaikan agar ia tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Wajib Baca : Cara Mendidik Anak Laki-laki dengan Baik dan Benar

Ayah dan Bunda. Itulah cara mendidik anak perempuan yang perlu orang tua ketahui. Adapun anak adalah amanah dari Tuhan, terlebih lagi anak perempuan. Mendidik anak itu seperti memelihara gelas kaca. Ia harus dibersihkan setiap hari. Pun ketika membersihkannya dari debu harus lemah lembut dan hati-hati. Semuanya serba hati-hati. Semoga anak perempuan anda tumbuh menjadi anak perempuan yang baik dan dapat anda banggakan.


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top